Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

alamat kantor imigrasi klas 1 khusus jakarta barat

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat Jl. Pos Kota No. 4 Jakarta Barat Telp. 021-6904795 Faks. 021-6904845 Email : kanim_jakbar@imigrasi.go.id Website : http://jakartabarat.imigrasi.go.id

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat adalah Unit Pelaksana Teknis di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta. Klasifikasi kantor ini sebagai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M.01-PR.07.04 Tahun 2006 tanggal 10 Mei 2006.

Terhitung mulai tanggal 20 Juni 1994, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat berlokasi di Jl. Pos Kota No. 4 Jakarta Barat. Berdiri megah menempati gedung seluas 2.500 m2 di atas tanah seluas 3.945 m2, di wilayah yang termasuk salah satu lokasi tujuan wisata di Ibu Kota, yaitu Kawasan Kota Tua Jakarta. Berdampingan dengan beberapa gedung lainnya, seperti Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Fatahillah, Museum Wayang dan gedung Kantor Pos Jakarta Kota.

Wilayah kerja Kantor Imigrasi Klas I Khusus Jakarta Barat yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI Nomor : M.03.PR.07.04 Tahun 1991 tanggal 15 April 1991 dan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman DKI Jakarta Nomor : W7.A.PR.07.04-4554 tanggal 30 September 1991 adalah meliputi enam kecamatan di wilayah kotamadya Jakarta Barat, yaitu :

  1.     Kecamatan Grogol Petamburan
  2.     Kecamatan Kebon Jeruk
  3.     Kecamatan Kembangan
  4.     Kecamatan Tambora
  5.     Kecamatan Taman Sari
  6.     Kecamatan Palmerah


Sedangkan dua kecamatan lainnya, yaitu kecamatan Cengkareng dan Kalideres yang secara administratif juga berada di wilayah Kotamadya Jakarta Barat merupakan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta.

 Permohonan Paspor

Dokumen Persyaratan :

  1.     Kartu Tanda Penduduk.
  2.     Kartu Keluarga.
  3.     Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir / Ijasah SD / Buku Nikah.
  4.     Surat keterangan dari tempat bekerja.
  5.     Semua persyaratan (kecuali angka 4) difotokopi ke kertas ukuran A4 untuk mempermudah proses pemindaian persyaratan.


Persyaratan Tambahan :

  1.     Surat Penetapan Pengadilan tentang Penggantian Nama bagi yang yang pernah mengganti namanya.
  2.     Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian bila mengajukan permohonan penggantian karena hilang.
  3.     Surat izin dari Atasan bila pemohon adalah Pegawai Negeri Sipil atau anggota ABRI.
  4.     Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Buku Nikah Orangtua bagi pemohon yang berumur di bawah 17 tahun serta kehadiran orangtua pada saat mengikuti proses wawancara.


Prosedur Permohonan Pelayanan Satu Hari (One Day Service) :

  1.     Mengisi formulir dan melengkapi persyaratan.
  2.     Validasi paspor lama di loket pelayanan satu hari.
  3.     Mengetik nama pemohon dan mengambil nomor antrian pada mesin antrian/kiosk.
  4.     Membayar biaya keimigrasian sesuai dengan ketentuan. Biaya yang dibayarkan adalah buku paspor (berdasarkan jenis paspor dan jenis permohonannya) dan jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik.
  5.     Mengikuti proses wawancara dengan membawa dokumen persyaratan yang asli, pengambilan sidik jari dan foto sesuai dengan nomor urut antrian.
  6.     Bila tidak ada gangguan dan permasalahan teknis lainnya, paspor telah dapat diambil paling lama 1 (satu) hari kerja setelah mengikuti semua alur layanan.


Prosedur Permohonan Luring :

  •     Mengisi formulir dan melengkapi persyaratan.
  •     Mengambil nomor antrian dan menunggu giliran sesuai dengan nomor urut.
  •     Menyerahkan berkas permohonan kepada petugas loket.
  •     Menerima tanda terima permohonan dan kembali pada tanggal yang telah ditentukan.
  •     Melapor kepada petugas untuk mengikuti proses selanjutnya.
  •     Membayar biaya keimigrasian sesuai dengan ketentuan. Biaya yang dibayarkan adalah buku paspor (berdasarkan jenis paspor dan jenis permohonannya) dan jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik.
  •     Mengikuti proses pengambilan foto dan sidik jari sesuai dengan nomor urut antrian.
  •     Mengikuti proses wawancara dengan membawa dokumen persyaratan yang asli sesuai dengan nomor urut antrian.
  •     Bila tidak ada gangguan dan permasalahan teknis lainnya, paspor telah dapat diambil 4 (empat) hari kerja setelah proses wawancara di loket pengambilan dokumen.


Prosedur Permohonan Paspor

 Prosedur Permohonan Daring :

  •     Membuka laman Kantor Imigrasi Jakarta Barat->Layanan Daring->Paspor atau  laman Direktorat Jenderal Imigrasi->Layanan Permohonan Paspor Online.
  •     Mengisi formulir daring, memindai dan mengunggah dokumen persyaratan.
  •     Mencetak tanda terima pra permohonan.
  •     Pada tanggal yang telah ditentukan, mengambil nomor antrian dan melapor kepada petugas untuk mengikuti proses selanjutnya sesuai dengan nomor urut.
  •     Mengikuti proses selanjutnya seperti pada permohonan luring di atas mulai angka 6 atau pada permohonan pelayanan satu hari mulai angka 4 sampai dengan selesai.


Catatan :

Terdapat prosedur verbal tambahan bagi permohonan penggantian paspor karena rusak atau hilang, berupa pemeriksaan/permintaan keterangan serta permohonan persetujuan penggantian dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.


Sejak tanggal 18 Januari 2013, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat menerapkan uji coba Pelayanan Satu Hari (One Day Service) untuk permohonan penggantian paspor yang terbit sesudah Juli 2008. Pelayanan permohonan paspor baru (permohonan paspor untuk pertama kali) diberikan hanya untuk permohonan paspor elektronik (e-Passport).

Posting Komentar untuk "alamat kantor imigrasi klas 1 khusus jakarta barat"

Info Tentang Situs Ini

Situs ini adalah informasi tentang alamat dan nomor telfon dari berbagai sumber atau dari pemilik usaha atau apa saja yang ingin mempromosikanya disini anda juga bisa melakukanya mulai dari yang Gratis sampai yang ke Premium NB : Jika ada hal yang keberatan atau tindakan lanjut, atau anda ingin menaruh alamat lengkap usaha anda di situs ini secara gratis, silahkan langsung email saya ke scootwalter40@gmail.com Terima kasih